[Most Wanted] Inilah Perangkat Yang PALING Dicari Jika PESAWAT JATUH !

Sabtu, 01 Oktober 2011



Berita yang sedang hot saat ini adalah soal jatuhnya pesawat Merpati Airlines Jurusan Sorong-Kaimana dengan tipe pesawat MA 60 buatan pabrik China. Ane tidak membahas tentang pesawat tsb , tetapi yg ane mau bahas adalah soal KOTAK HITAM (BLACK BOX). Karena jika ada pesawat yg jatuh , pasti yg dicari selain korban adalah si Kotak Hitam ini.

Kotak Hitam telah lama dikenal. Pada awal tahun 1900-an, Wright bersaudara menemukan sebuah alat primitif untuk mencatat putaran baling-baling. Pada akhir tahun 1950-an, alat itu berkembang menjadi pencatat data penerbangan pertama, yang biasa disebut KOTAK HITAM.





Ketika pesawat jatuh atau hampir jatuh, prioritas utama para penyidik kecelakaan adalah menemukan KOTAK HITAM. Padahal sebenarnya tidak berwarna hitam sama sekali.



Sejak tahun 1960-an, sekitar 800 pesawat hancur karena jatuh dan KOTAK HITAM selalu selamat. KOTAK HITAM mulai dikenal akibat COMET, pesawat jet pertama. Pada tahun 1953, COMET jatuh dari langit dan tidak ada yang tahu mengapa hal itu bisa terjadi. Dibutuhkan penelitian yang cukup mahal untuk mengetahui apa yang terjadi.



ada tahun 1957, sebagai usaha untuk lebih mudah menentukan penyebab jatuhnya pesawat, Civil Aeronautics Authority USA menganjurkan semua pesawat dengan berat lebih dari 9 ton perlu membawa alat pencatat data.


Alat ini akan mencatat beberapa kondisi pesawat yang mendasar, misalnya arah, kecepatan, ketinggian, percepatan vertikal, dan waktu. Sejak itu, tehnologi tersebut telah berkembang dari pencatatan informasi pada lembaran logam dan kawat baja menjadi pencatatan dengan kaset magnetik. Generasi terakhir tidak memiliki bagian-bagianyang dapat dipindahkan dan langsung mencatat dalam memori yang solid.
bagi pengguna BB..... invite pin 30EC0610 disitu berbagi artikel yang unik dan aneh menarik tentunya

sumber : http://forum.vivanews.com/image-only/202572-[most-wanted]-inilah-perangkat-yang-paling-dicari-jika-pesawat-jatuh.html#post1995095

0 komentar:

Posting Komentar