Cara Merekam Pikiran dan Mimpi Menjadi Video

Minggu, 25 September 2011


Pernahkah anda membayangkan untuk merekam mimpi anda dan memutarnya kembali untuk ditonton? Teknologi yang memungkinkan hal itu terjadi tampaknya akan segera tercapai dalam waktu dekat.

Kelompok ilmuwan dari Universitas Berkeley telah menemukan cara untuk menampilkan apa yang ada dalam otak kita ke dalam bentuk video.

Hasilnya, sungguh mencengangkan.

Teknologi ini dimungkinkan dengan menggunakan functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) atau dapat disebut dengan Penggambaran Getaran Magnetis untuk mengukur aliran darah yang melewati membran otak.

Kemudian, bagian-bagian otak dipisahkan menjadi piksel atau voxel (berupa titik-titik berwarna, seperti pada video game jaman dahulu, atau ponsel dengan layar berwarna di masa-masa awal).

Ilmuwan kemudian membangun program komputer untuk menyusun titik-titik berwarna ini membentuk gambar visual sesuai dengan aktifitas otak.


Dalam tes yang dilakukan, subyek tes mengamati beberapa video klip, dan aktivitas otak mereka direkam oleh program komputer.

Meski baru tahap awal, teknologi ini diharapkan berkembang hingga dapat digunakan untuk membaca apa yang ada dalam pikiran pasien yang koma, atau yang lebih menarik lagi, merekam mimpi saat kita tidur untuk ditonton pada besok harinya.

Di bawah ini ada satu video lagi yang menunjukkan visual pikiran subyek tes ketika diperlihatkan sejumlah klip video. Dalam hasil visual otak (kotak sebelah kiri), terlihat video-video tersebut tumpang-tindih, karena otak mengolah banyak gambar secara bersamaan.

0 komentar:

Posting Komentar